Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android - PUBG Mobile merupakan salah satu game populer di Playstore, tercatat telah mendapatkan ratusan juta kali unduhan oleh pengguna Android dari berbagai penjuru dunia. Jumlah unduhan mencapai angka tersebut tidaklah mengherankan, karena PUBG adalah salah satu game terbaik di dunia saat ini.

Game battle royale yang satu ini bisa dikategorikan sebagai game yang cukup berat, untuk itu kita perlu memperhatikan spek Hp kita saat hendak mencoba memainkan PUBG. Untuk spesifikasi Hp atau smartphone yang disarankan adalah setidaknya harus memiliki RAM 4 GB dengan ROM 64 GB. Namun jika kalian hanya memiliki smartphone dengan RAM 2 GB / ROM 16 GB, kalian bisa menggunakan PUBG Mobile versi lite.

Akan tetapi tidak semua orang mampu membeli hp dengan spek yang disarakan untuk bermain PUBG Mobile, oleh sebab itulah banyak sekali yang mengeluh mengalami lag saat bermain PUBG, dan banyak yang mencari tips & trik untuk mengatasinya. Untuk itu di sini kami akan membagikan bagaimana cara untuk mengatasi lag PUBG Mobile di Android. Langsung saja ini dia caranya!!!

Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Android

PUBG Mobile Lag di Android

Game PUBG patah patah atau lag di android sudah biasa dialami oleh pengguna smartphone dengan spek menengah. Tidak sedikit yang mengeluh demikian dan banyak yang mencari cara untuk mengatasinya. Jika kalian termasuk yang mengalami hal demikian, berikut adalah langkah langkah yang bisa digunakan untuk mengatasi PUBG lag di hp android.

Baca juga: Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di iOS

10 Cara Mengatasi Frame Patah-patah PUBG Mobile

1. Mengatasi Lag PUBG Dengan Setting Grafis

Grafis dari PUBG Mobile memiliki kualitas yang sangat luar biasa, sehingga mampu memanjakan para penggunanya. Namun hal ini menjadi salah satu faktor PUBG menjadi game yang sangat berat. Untuk itu jika kalian sering mengalami lag, kalian bisa menyeting grafis PUBG kalian menjadi low. Dengan demikian PUBG yang kalian mainkan menjadi tidak terlalu berat.

2. Membersihkan RAM dan Aplikasi di Layar Belakang

Bermain PUBG Mobile pada saat kondisi RAM smartphone penuh membuat game tersebut menjadi lemot. Selain itu yang menyebabkan lemotnya game saat dijalankan adalah karena banyaknya aplikasi yang terbuka di layar belakang (recent apps).

Untuk itu kita perlu membersihkan RAM dari aplikasi yang berjalan di background supaya bermain PUBG semakin lancar. Cara untuk membersihkannya pun cukup mudah, kita hanya perlu menekan tombol recent apps yang ada di navigasi, kemudian tekan ikon tong sampah atau silang untuk menghapusnya dan membersihkan RAM.

3. Menggunakan Apk Game Booster Untuk Mengatasi Lag

Untuk mengatasi lag saat bermain PUBG di android, aplikasi Game Booster bisa menjadi solusinya. Dengan menggunakan aplikasi ini semua aplikasi yang tidak terpakai namun tetap berjalan di layar belakang akan dihentikan olehnya. Sehingga kapasitas RAM akan lebih besar dan hanya dialokasikan untuk game PUBG Mobile, dan bermain PUBG menjadi semakin lancar.

4. Gunakan Jaringan Internet yang Paling Stabil

Internet menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap lancar atau tidaknya saat memainkan game online. Jika jaringan internet kita jelek maka sudah bisa dipastikan saat bermain PUBG pun akan lag / terputus putus. Untuk itu gunakanlah jaringan yang paling stabil saat bermain PUBG Mobile untuk menghidari terjadinya lag ketika bermain.

5. Gunakan Aplikasi GFX Tool

Kalian mengalami lag saat bermain PUBG Mobile? Tenang, ada aplikasi GFX Tool solusinya. Aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk mengatasi lag pada PUBG. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengubah pengaturan grafik dan FPS, dengan demikian smartphone kita akan semakin maksimal untuk menjalankan PUBG Mobile.

6. Menggunakan Aplikasi Config

Aplikasi Config merupakan pengaturan grafis lanjutan pada game PUBG Mobile. Fungsi dari aplikasi ini sama seperti GFX Tool, namun berbeda pada cara pemasangannya saja. Namun kalian tidak perlu khawatir karena telah banyak tutorial yang menerangkan cara menggunakan aplikasi Config.

Baca juga: Cara Mengatasi Lag PUBG Mobile di Tencent Gaming Buddy

7. Membatasi Akses Internet ke Aplikasi Lain

Jika masalah lag disebabkan oleh akses internet, maka kalian harus membatasi akses internet kalian ke aplikasi lain selain PUBG. Dengan membatasi akses internet ke aplikasi lain, maka akses internet ke PUBG menjadi semakin stabil dan juga bisa menghemat kuota.

Untuk membatasi akses internet pun cukup mudah, kalian bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Internet Guard. Kalian bisa mendapatkan aplikasi Internet Guard dari Google Play Store. Instal dan jalankan aplikasinya kemudian pilih aplikasi yang akan kalian batasi akses internetnya.

8. Gunakan Server Asia

Server default dari PUBG adalah Amerika, maka sudah bisa dipastikan server ini banyak yang menggunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa jika server semakin banyak yang menggunakan maka kerja dari server tersebut akan semakin lemot. Dengan demikian sudah dipastikan PUBG yang kalian mainkan akan terputus putus.

Untuk itu kalian harus memilih server lain yang mungkin tidak terlalu banyak yang menggunakan server itu. Kalian bisa memilih server Asia untuk digunakan, tentu saja karena ini merupakan server yang paling dekat dengan Indonesia.

9. Jangan Bermain Sambil Mengisi Daya Baterai

Kinerja smartphone akan lebih optimal saat baterai dalam kondisi penuh. Ketika baterai melemah maka kinerjanya pun akan ikut melemah. Untuk itu kalian perlu mengisi daya baterai sampai penuh dulu baru kalian gunakan lagi untuk bermain PUBG. Jangan sampai kalian menggunakan hp yang sedang di-charge untuk bermain PUBG, karena akibatnya game yang kalian mainkan menjadi sedikit lemot.

10. Ganti Smartphone dangan Spesifikasi yang Lebih Memadai

Jika semua cara sudah dilakukan namun kalian masih mengalami lag, kalian bisa mengganti smartphone kalian dengan smartphone yang di atas spesifikasi minimal untuk menjalankan game PUBG. Kalian bisa membeli smartphone yang memiliki RAM 4 GB dengan ROM 64 GB supaya kalian tidak mengalami lag saat bermain PUBG Mobile.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi lag PUBG Mobile pada Android. Semoga tips yang kami bagikan mampu mengatasi masalah PUBG lag atau lemot. cukup sekian dari kami dan terima kasih.