Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan RAM HP Supaya Tidak Lemot

Membersihkan RAM HP Android – RAM merupakan salah satu komponen yang vital pada perangkat android, fungsi dari RAM adalah untuk menampung data Hp sementara. Kapasitas RAM di setiap HP android tentunya beragam, mulai dari ratusan MB sampai sekian GB. Tentu saja semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak pula data yang bisa ditampung.

Cara Membersihkan RAM HP, Cara bersihkan RAM HP, Membersihkan Ram HP.

Pada dasarnya ukuran RAM sudah didesain sesuai tipe dan kebutuhan hp itu sendiri, jadi RAM tersebut sudah mencukupi kebutuhan hp kita. Namun kita selalu merasa bahwa RAM hp yang kita punya itu tidak mencukupi karena selalu terisi penuh.

Untuk kalian yang memiliki masalah RAM selalu penuh, pada artikel kali ini kami akan membagikan tips bersihkan RAM Hp android. Namun sebelum membersihkan RAM kalian harus mengetahui apa sih penyebab RAM penuh, dan apa saja dampaknya. Langsung saja, ini dia ulasannya.

Penyebab RAM HP Penuh dan Dampaknya Terhadap HP

Memiliki RAM Hp dengan kapasitas besar memanglah menjadi impian bagi para pengguna smartphone. Namun semakin besar kapasitas RAM sebuah hp, maka semakin mahal pula harga dari hp tersebut. maka dari itu tak banyak pengguna hp yang memiliki ukuran RAM yang besar.

Bagi kalian yang memiliki RAM kecil tentu sering mengalami atau mendapatkan notifikasi “Ruang Penyimpanan Hampir Habis”. Ya, tentu saja ini disebabkan RAM kalian sudah terisi penuh. Hal ini disebabkan karena kalian terlalu banyak menginstal aplikasi.

Banyaknya aplikasi yang terinstal di hp maka akan memakan banyak space RAM kalian, tentu saja ini merupakan salah satu penyebab RAM kalian penuh dan mempengaruhi kinerja hp kalian. Mungkin tak sedikit orang yang menyadari bahwa RAM telah terisi penuh, kebanyakan baru sadar setelah hp terasa lemot dan sering terjadi lag ketika menjalankan game dan aplikasi.

Masalah ini sebenarnya tidak hanya dialami oleh pengguna hp low-end, namun hp yang hight-end pun mengalami hal yang demikian. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena di sini kami akan membagikan cara mengatasi RAM yang cepat penuh. Check this out!!!

Cara Bersihkan RAM HP Android yang Penuh

Kondisi RAM yang telah penuh memanglah sangat mempengaruhi kinerja hp kita, untuk itu kita perlu membersihkannya secara berkala. Untuk itu berikut ini adalah beberapa cara bersihkan RAM hp yang penuh.

12 Cara Membersihkan Memori RAM HP

1. Periksa Penggunaan Memori

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui kapasitas RAM pada hp itu sendiri, periksa berapa RAM yang tersedia dan yang telah digunakan. Caranya cukup mudah, masuk ke Setting Hp > Memory. Setelah itu kalian bisa melihat memori yang digunakan dengan klik “Memory used by apps”. Dengan cara ini kalian bisa melihat aplikasi mana saja yang terlalu banyak menghabiskan memori dan memaksanya berhenti beroperasi dengan cara force close.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Setela melihat status memori dan mengetahui aplikasi mana saja yang terlalu banyak menghabiskan memori, kalian bisa menghapus aplikasi tersebut untuk mengurangi kapasitas RAM yang terpakai. Caranya kalian masuk ke Setting hp, kemudian masuk ke menu Aplikasi setelah itu pilih aplikasi yang ingin dihapus / uninstall.

3. Hapus Aplikasi Chatting

Apliaksi chatting pada umumnya memiliki ukuran yang besar. Jika kalian memiliki lebih dari satu aplikasi chatting tentu saja akan memakan banyak memori RAM kalian. Untuk itu kami sarankan supaya mengurangi aplikasi chatting yang jarang digunakan untuk mengoptimalkan RAM kalian.

4. Pilih Mode Disable Apps

Jika kalian tidak ingin mengahapus aplikasi, alternatifnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi / disable apps. Caranya kalian masuk ke menu Setting, kemudian Apps, lalu pilih aplikasi yang bisa dihentikan sementara, lalu klik disable

5. Non-aktifkan Fitur Animasi dan Transisi

Fitur animasi dan dan transisi secara default telah aktif pada hp kita. fitur ini tidak terlalu berat, namun untuk lebih mengoptimalkan kinerja android kalian bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara: 

  • Buka Setting hp.
  • Kemudian masuk ke About Phone.
  • Setelah itu ketuk beberapa kali pada Build Number sampai keluar pesan Anda telah menjadi pengembang.
  • Setelah menjadi Pengembang, kalian masuk lagi ke menu Setting.
  • Kemudian pilih menu Developer Options.
  • Setelah itu kalian nonaktifkan Windows Animation, Transtition Animation, dan juga Animator Duration Scale.

6. Non-aktifkan  Widget dan Live Wallpaper

Fitur widgets dan live wallpaper bisa mempercantik tampilan hp kalian, namun fitur ini memakan banyak memori RAM yang mengakibatkan hp menjadi lemot. Untuk itu sebaiknya kalian jangan terlalu banyak menggunakan fitur ini untuk menghindari masalah tentang Memori RAM hp.

7. Gunakan Aplikasi Booster

Aplikasi Booster bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan performa hp dan mengoptimalkan RAM Hp secara instan. Hanya dengan menjalankan aplikasi booster kalian bisa dengan mudah membersihkan ram. Kalian bisa menggunakan aplikasi booster seperti Ccleaner, Clean Master, DU Speed Booster, dan masih banyak lagi yang bisa kalian dapatkan dari Google Play Store.

8. Bersihkan Cache

Aplikasi android akan secara otomatis disimpan atau di-cache agar mudah ditemukan saat akan dibuka. Namun tidak semua aplikasi pada cache diperlukan, untuk itu kalian bisa menghapus data cache tersebut untuk mengurangi RAM yang terpakai.

Menghapus cache sendiri bisa menggunakan aplikasi booster yang telah disebutkan di atas, atau bisa juga menghapus secara manual. Kalian juga bisa menghapus data tersebut dari salah satu aplikasi atau bisa juga menghapus cache secara keseluruhan.

Untuk menghapus cache dari satu aplikasi caranya adalah buka Pengaturan, kemudian pilih Aplikasi, lalu Manajer Aplikasi, dan ketuk aplikasi yang akan dihapus. Kemudian pada aplikasi ketuk menu aplikasi, pilih penyimpanan, lalu pilih Hapus Cache

Sedangkan untuk menghapus secara keseluruhan caranya adalah, kalian buka Pengaturan, kemudian pilih Penyimpanan, setelah itu ketuk data yang di-cache untuk menghapus semua file cache.

9. Bersihkan File Download

Hp Android secara default akan menyimpan semua file yang diunduh / download meskipun file tersebut tidak digunakan. Jika file tersebut terlalu banyak tersimpan, ini akan beresiko memenuhi RAM kalian. Untuk itu kalian perlu menghapus data unduhan yang sudah tidak dibutuhkan dengan cara membuka My File, kemudian hapus file yang tidak dibutuhkan.

10. Siasati Foto

Untuk mengurangi penggunaan memori kalian bisa menyiasati foto yang disimpan di hp kalian. Kalian bisa memperkecil ukuran file foto (compress) secara online atau menggunakan aplikasi kompres foto. Selain itu kalian juga bisa menyimpan foto ke penyimpanan awan seperti Google Photo dan penyimpanan awan lainnya. Jika kalian hendak mengaktifkan Google Photo caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Photos dan buka Pengaturan, kemudian pilih Cadangkan & sinkronkan, setelah itu aktifkan

11. Pindahkan Aplikasi ke Kartu Memori / MicroSD

Aplikasi akan menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan hp. Untuk itu kalian perlu menggunakan microSD untuk penyimpanan ekstra dan juga memindahkan aplikasi berukuran besar ke microSD tersebut.

Untuk memindahkan aplikasi ke micro sd caranya adalah, buka pengaturan kemudian pilih aplikasi, lalu pilih manajer aplikasi dan pilih aplikasi yang akan dipindahkan. Namun tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke micro sd, jika aplikasi tersebut bisa dipindahkan akan muncul opsi Pidahkan ke Kartu SD.

12. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik / Factory Reset

Cara pamungkas untuk membersihkan RAM adalah dengan melakukan factory reset. Namun dengan cara ini kalian akan kehilangan semua data aplikasi yang telah diinstal karena hp dikembalikan ke setingan pabrik. Caranya pilih Setting, kemudian pilih Backup & Reset, setelah itu pilih Factory Data Reset.

Itu adalah 12 cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan RAM Hp adnroid milik kalian. Dengan melakukan pengecekan dan pembersihan RAM secara berkala diharapkan mampu mempertahankan HP di kondisi terbaiknya.

Mungkin cukup sekiap informasi yang bisa kami bagikan kali ini. semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Tetap kunjungi Junekno untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. terima kasih.