Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android yang Sulit Dihapus

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android ➖ Halo sobat tekno, kembali lagi bersama kami Juntekno.com yang akan selalu hadir membagikan informasi seputar teknologi untuk kalian semua para pecinta teknologi. Kali ini kami akan membagikan informasi yang berkaitan dengan Hp Android.

Tidak bisa dipungkiri pada jaman yang serba digital ini kita tidak pernah terlepas dari yang namanya smartphone, baik itu iOS maupun Android. Saat ini smartphone atau hp yang beredar dipasaran didominasi oleh Android. Tentu saja selain karena harganya yang bersahabat, spesifikasinya yang di atas rata rata menjadi alasan banyaknya peminat Hp Android.

Ketika membeli sebuah hp android baru, tentu kita akan mendapatkan aplikasi bawaan dari hp tersebut (Bloatware). Hampir semua merk Hp memiliki aplikasi bawaan, namun tidak semua aplikasi tersebut kita gunakan dalam pengoperasian hp.

Sebenarnya ada aplikasi bawaan android yang tidak boleh dihapus dan ada juga yang boleh dihapus. Karena memang aplikasi aplikasi tersebut memiliki fungsinya tersendiri dalam mengoptimasi perangkat android yang kita gunakan. Namun, karena kita merasa aplikasi tersebut hanya memenuhi RAM android kita saja, maka kita ingin menghapus aplikasi tersebut.

Aplikasi bawaan android terkadang susah dihapus, maka tak heran jika banyak yang mengeluhkan hal tersebut. Untuk itu di sini kami akan membagikan cara menghapus aplikasi bawaan android yang sulit dihapus. Langsung saja, ini dia pembahasannya.

cara menghapus aplikasi bawaan android, cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root explorer, cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root, cara menghapus aplikasi bawaan android lewat pc,, cara menghapus aplikasi bawaan android lewat adb, menghapus aplikasi bawaan android, menghapus aplikasi bawaan android tanpa rooting, cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus.

Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara menghapus aplikasi di handphone sangatlah mudah, kita bisa melakukannya tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Meskipun menghapus aplikasi itu sangat mudah, lain halnya dengan aplikasi bawaan hp yang memang tidak bisa dihapus.

Sebenarnya cara menghapus aplikasi bawaan hp sangatlah mudah, ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi tersebut. Kita bisa melakukannya dengan melakukan root, atau bisa juga hanya dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Bagi kalian yang kesulitan menghapus aplikasi bawaan Android, berikut ini adalah beberapa metode atau cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus dari hp android:

1. Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Banyak beredar kabar bahwa untuk menghapus aplikasi bawaan android (Bloatware) harus dengan cara root. Namun bagi kalian pengguna android non root tidak perlu khawatir, karena kalian bisa melakukan hal tersebut dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Saat ini telah tersedia banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus bloatware, sehingga dengan demikian kalian bisa menghapus aplikasi bawaan android tanpa rooting. Kalian bisa menggunakan aplikasi CCleaner atau yang sejenisnya untuk membersihkan bloatware.

Berikut ini adalah cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root dengan menggunakan Ccleaner:

  • Langkah pertama kalian harus download aplikasi Ccleaner dan menginstalnya ke perangkat android kalian.
  • Setelah itu kalian buka aplikasi Ccleaner kemudian tap ikon garis tiga yang terletak di sebelah kiri atas.
cara menghapus aplikasi bawaan android
  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti yang di bawah ini, lalu pilih Aplikasi.
cara menghapus aplikasi bawaan android
  • Selanjutnya kalian pilih menu Sistem, cari aplikasi yang ingin kalian hapus kemudian tap aplikasi tersebut.
cara menghapus aplikasi bawaan android
  • Setelah itu kalian pilih Hapus Instalasi, kemudian Oke.

cara menghapus aplikasi bawaan android

Jika aplikasi Ccleaner tidak bisa digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan, kalian bisa menonaktifkan bloatware dengan cara berikut ini:

  • Pada hp kalian, buka Setting / Setelan kemudian cari dan pilih Kelola aplikasi.
cara menghapus aplikasi bawaan android
  • Setelah itu kalian cari dan pilih bloatware yang ingin kalian hapus.
cara menghapus aplikasi bawaan android
  • Pada beberapa aplikasi akan ada pilihan Uninstal pembaruan, hal ini hanya akan menghapus semua update versi aplikasi sehingga akan mengembalikan aplikasi tersebut ke versi awal. Meskipun aplikasi tidak terhapus, tapi cara ini akan mengurangi beban RAM HP kalian.
  • Selain itu ada juga opsi Paksa berhenti untuk menghentikan operasi aplikasi tersebut, atau bisa juga pilih Bersihkan cache untuk membersihkan semua data cache aplikasi tersebut.

2. Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Menggunakan Root Explorer

Cara hapus aplikasi bawaan android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Root Explorer. Cara ini diperuntukkan bagi yang telah melakukan rooting pada hp android yang digunakan. Jadi, jika hp kalian telah di-rooting, kalian bisa mengikuti langkah langkah berikut ini:

  • Langkah pertama kalian harus download aplikasi Root Explorer
  • Selanjutnya kalian buka aplikasinya kemudian masuk ke menu Root, lalu pilih System, kemudian pilih App.
cara menghapus aplikasi bawaan android
  • Setelah itu kalian cari dan pilih aplikasi yang akan dihapus dengan memberikan tanda centang. Tap ikon Sampah, dan aplikasi berhasil dihapus.
cara menghapus aplikasi bawaan android 

3. Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Lewat PC

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan kali ini yang menjelaskan tentang cara menghapus aplikasi bawaan android. Jangan sampai lewatkan informasi menarik lainnya seputar teknologi hanya di juntekno com. Terima kasih.