Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Layanan Google Play Terhenti - Layanan Google Play sangat penting bagi pengguna smartphone bebrbasis Android. Layanan dari google yang satu ini digunakan untuk menginstall maupun memperbarui aplikasi yang kita gunakan pada smartphone android kita, maka dari itu Google Play menjadi vital bagi smartphone yang kita gunakan.

Saat menginstal atau memperbarui aplikasi tentunya kita berharap semua prosesnya berjalan dengan lancar tanpa kendala, namun ada beberapa kasus dimana ketika sedang melakukan proses tersebut terjadi sebuah masalah Google Play tiba tiba terhenti. Apa kalian pernah mengalaminya? Jika diantara kalian ada yang mengalami hal tersebut, berikut kami akan ulas mengenai layanan Google Play yang tiba tiba terhenti. Langsung saja, check this out!!!

Layanan Google Play Terhenti

Penyebab Layanan Google Play Terhenti

Tidak diragukan lagi tentang kecanggihan dari salah satu layanan yang disediakan oleh Google ini, layanan Google Play saat ini semakin memudahkan kita untuk menggunakannya. Namun ada beberapa kasus mengenai layanan Google Play yang bermasalah atau tiba tiba terhenti. Akan tetapi kasus yang demikian sering dijumpai pada hp android tipe lawas, jarang sekali ditemukan pada hp android tipe baru.

Terhentinya aplikasi Google Play disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terhentinya Google Play Store:

1. Rusaknya Aplikasi Layanan Google Play

Faktor pertama penyebab terhentinya Google Play adalah karena aplikasi yang rusak, dan rusaknya aplikasi ini disebabkan karena adanya virus, file corrupt, penumpukan cache, dan masih banyak lagi. Namun menumpuknya file cache adalah penyebab yang sering terjadi.

2. Service Outdate

Faktor berikutnya adalah karena versi Google Play Store kita masih merupakan versi lama sehingga tidak compatible dengan perangkat android kita, maka kita harus memperbarui aplikasi tersebut. Pada dasarnya Google Play akan melakukan update otomatis, namun jika tidak melakukan update secara otomatis kemungkinan pengaturannya belum disesuaikan. Dengan demikian kita harus menyesuaikan pengaturan tersebut atau bisa juga melakukan update secara manual.

3. Bug Pada Aplikasi

Hal ini biasanya merupakan efek dari menginstal aplikasi tertentu yang langsung berhubungan dengan sistem android.

4. Memori Ram Telah Penuh

Jika memori Ram penuh, maka kinerja dari smartphone android kita pun kurang maksimal.

5. Adanya Kerusakan Pada Sistem

Kerusakan pada sistem ini jarang sekali terjadi, namun ada kemungkinan smartphone kita bermasalah karena terjadi kerusakan pada sistem. maka, solusinya adalah dengan melakukan flashing ulang sistem android kita.

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Setelah mengetahui beberapa penyebab Google Play terhenti, maka berikut adalah cara untuk mengatasi Google Play yang sering terhenti:

1. Restart atau mulai ulang perangkat android

Merestart adalah langkah pertama yang harus dilakukan meskipun tingkat keefektifannya rendah. Jika cara ini tidak berhasil kalian bisa melakukan cara berikutnya.

2. Menghapus File Cache

Ketika keluar peringatan bahwa Google Play terhenti memang sangat menyebalkan, terlebih lagi ketika kita hendak mendownload aplikasi atau game. Oleh karenanya kita harus segera mengatasi masalah pada google play tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan pada Google Play, kita bisa melakukan tindakan menghapus cache aplikasi google play. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain mengatasi masalah Google Play yang terhenti, menghapus cache juga mengurangi pemakaian RAM. Jadi, selain mengatasi permasalahan tersebut, dengan menghapus cache dapat meningkatkan kinerja Hp.

Cara menghapus cache sangat mudah. Jika kalian masih bingung, berikut ini adalah cara menghapus cache:
  • Pertama kalian masuk ke Setelan, kemudian pilih Kelola Aplikasi.
  • Setelah itu kalian scroll untuk mencari aplikasi Google Play Store.
  • Ketuk pada Google Play Store, selanjutnya kalian pilih Hapus data.
  • Setelah itu kalian pilih Bersihkan cache, kemudian tap Oke

3. Menghapus data Google Play Store

Cara berikutnya adalah dengan menghapus data dari Google Play Store. Dengan melakukan cara tersebut maka Google Play Store kita akan kembali ke kondisi awal. Caranya sama dengan menghapus file cache, namun setelah mengetuk Google Play Store, selanjutnya jangan pilih hapus cache tapi pilih hapus data.

4. Menghentikan Google Play secara paksa / force stop Google Play

Cara ini sebenarnya cukup rawan untuk dilakukan, karena ketika kita melakukan force stop maka semua aktivitas Google Play akan terhenti. Caranya adalah buka setelan > kelola aplikasiGoogle Play Store > Paksa Berhenti.

5. Update Aplikasi Google Play Store

Cara berikutnya sangat sederhana namun sering dilupakan, yaitu update Google Play ke versi terbaru. Jika kalian takut lupa mengupdate, maka bisa aktifkan fitur update otomatis pada pengaturan Google Play Store.

6. Gunakan aplikasi pembersih

Aplikasi pembersih atau cleaner bisa kalian gunakan sebagai alternatif mengatasi Google Play terhenti. Aplikasi tersebut akan menghapus semua file cache pada hp kita, sehingga performa hp pun akan meningkat.

Untuk aplikasi cleaner sendiri telah tersedia banyak sekali macamnya seperti Ccleaner, Nox Cleaner, AVG Cleaner, dan sebagainya. Aplikasi tersebut bisa kalian dapatkan dari Playstore ataupun dari sumber lainnya.

7. Kembalikan Hp ke setelan pabrik / reset

Cara lainnya jika semua cara tidak bisa mengatasi adalah dengan mengembalikan hp ke setelan pabrik. Namun, kalian perlu mencadangkan file kalian sebelum melakukan cara ini. Karena cara ini akan menghapus semua file atau data yang tersimpan pada smartphone kita.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai aplikasi Google Play Store yang sering terhenti dan cara mengatasinya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan bisa membantu kita semua. Cukup sekian dari kami, terima kasih.