Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Ok Google Untuk Memudahkan Aktivitas

Cara Mengaktifkan Ok Google - Di masa sekarang ini kita semakin dimudahkan dalam melakukan sesuatu, terutama ketika menggunakan perangkat elektronik.

Saat ini google sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia memiliki sebuah fitur yang disebut dengan google assistant.

Google asisten ini merupakan sistem virtual yang dapat melakukan berbagai hal yang mempermudah penggunanya. Untuk mengaktifkan fitur tersebut kita cukup mengucapkan OK Google.

Sebelumnya google mengeluarkan fitur yang disebut dengan google now, yang mana fungsinya sama seperti google asisten, yaitu untuk mempermudah para penggunanya dalam melakukan sesuatu.

Meskipun demikian, google assistant ini jauh lebih baik dan juga lebih pintar dari pendahulunya, sehingga sangat menarik perhatian warga dunia. Dengan google asisten ini kita dapat melakukan percakapan dua arah.

google assistant ini sangat unik, karena selain untuk produk google, sistem virtual asisten ini juga dapat digunakan pada sistem ios buatan Apple.

Untuk kalian yang masih bingung dengan cara menggunakan OK Google, langsung saja simak ulasannya seperti yang berikut ini.

Cara Mengaktifkan Ok Google

Cara Mengaktifkan Ok Google di Android

Sebagai pengguna sistem android tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google. Saat ini sistem dari google sudah sangat canggih, salah satu buktinya yaitu dengan hadirnya google assistant yang akan aktif dengan perintah suara “oke google”.

Kecanggihan dari fitur google ini tentu saja menarik banyak perhatian setiap penggunanya. Jika kalian tertarik juga untuk menggunakannya, maka kami akan membagikan cara menggunakan ok google seperti yang di bawah ini:

  1. Pastikan bahwa kalian sudah menggunakan aplikasi google yang paling baru. Jika masih berada di versi lama, langsung saja upgrade pada google play storee.
  2. Setelah kalian update aplikasi google, langsung saja kalia jalankan aplikasinya.
  3. Di sebelah kiri atas, pilih menu yang berupa icon strip tiga, kemudian masuk ke Setelan, pilih Suara, kemufian Deteksi “OK Google”.
  4. Kemudian lanjutkan dengan mencentang bagian tulisan “dari google app”.

Di beberapa perangkat, kalian bisa melakukan setelan untuk mengaktifkan “ok google” tanpa aplikasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Centang pada tulisan “dari semua layar” atau “selalu aktif”.
  2. Selanjutnya ucapkan suara kalian ke google sebagai perintah untuk mengaktifkan layanan google asisten.

Syarat Untuk Menggunakan Ok Google

Di atas telah kami sampaikan cara untuk mengaktifkan Ok Google. Namun sebelum kalian menggunakannya, sebaiknya kalian simak persyaratan menggunakan Ok Google seperti yang berikut ini:

  • Kalian harus menginstall Google App versi terbaru.
  • Operasi sistem untuk perangkat yang digunakan minimal Android 4.4+.
  • Harus mengaktifkan setelan Aktivasi suara untuk dapat menggunakan fitur perintah suara.

Perintah Suara Untuk Asisten Google

Setelah mengaktifkan fitur google asisten, kalian dapat memberikan perintah dengan cara mengucapkan “ok google”. Berikut ini adalah contoh suara untuk perintah google asisten:

  • Kirim pesan (whatsapp / telegram) ke (nama kontak tujuan);
  • Buka aplikasi (sebutkan aplikasi yang ingin dibuka);
  • Tonton (sebutkan judul yang ingin ditonton) di youtube;
  • Apa itu (sebutkan apa yang ingin kalian ketahui);
  • Cari (sebutkan apa yang ingin kalian cari) di google;
  • Rekam video;
  • Aktifkan (wifi / bluetooth).

Selain itu masih banyak lagi perintah yang bisa kalian berikan pada google asisten dengan cara mengucapkan “oke google”, yang kemudian diikuti perintah dari kalian.

Nah itulah kecanggihan fitur google asisten yang dapat kami sampaikan dan cara mengaktifkannya dengan mengucapkan ok google. Selamat mencoba.