Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Saat ini, hampir semua kegiatan bisa dilakukan secara digital, mulai dari hiburan seperti menonton film, mendengarkan musik, bermain game, hingga bekerja dan sekolah. Dalam suatu konteks, terkadang Anda harus merekam layar laptop untuk membagikan informasi kepada pihak lain.

Rekaman layar laptop juga bisa dilakukan dalam semua aspek. Misalnya rekaman mengerjakan soal matematika step by step atau rekaman trik memainkan game yang sedang marak belakangan ini. 

Lantas bagaimana cara merekam layar laptop yang mudah? Apakah bisa tanpa menggunakan aplikasi?

Cara Merekam Layar Laptop

Cara Merekam Layar Laptop ataupun PC dengan Mudah

Merekam layar laptop memiliki berbagai manfaat dan dapat Anda gunakan dalam berbagai konteks. Seperti kebutuhan presentasi, menunjukkan tutorial kepada orang lain atau berbagi trik bermain game dan membagikannya ke ranah YouTube.

Beberapa cara bisa Anda tempuh untuk merekam layar pada laptop maupun PC, seperti:

Melalui Fitur macOS

Cara merekam layar laptop yang pertama yaitu melalui fitur macOS, yang mana cara ini hanya bisa dilakukan bagi Anda pengguna laptop dari Apple.

 Sebagai perusahaan teknologi raksasa, Apple selalu menyuguhkan fitur-fitur yang sangat mengesankan, salah satunya yaitu merekam layar tanpa harus memasang aplikasi tambahan. Fitur tersebut bisa Anda gunakan dengan cara:

  • Pertama, silahkan buka jendela aplikasi atau halaman yang ingin Anda rekam.
  • Setelah itu, tekan Shift Command + 5 dan tunggu hingga sistem alat tangkap layar terbuka.
  • Di bagian bawah toolbar, nantinya Anda dapat memilih bagian mana yang akan direkam. Apakah seluruh layar, hanya pada jendela atau aplikasi tertentu atau bahkan merekam pada bagian layar yang dipilih saja.
  • Kemudian klik Opsi supaya Anda bisa memilih folder guna menyimpan hasil rekaman layar serta mengatur hitungan mundur untuk memulai proses perekaman.
  • Setelah itu, Anda bisa menambahkan audio suara eksternal ataupun merekam suara sekaligus, dengan cara mengaktifkan Mac’s microphone pada menu Opsi.

Melalui Windows Game Bar

Jika cara merekam layar laptop yang sebelumnya diperuntukkan bagi pengguna macOS, lantas bagaimana dengan pengguna Windows?

Nah kabar gembira bagi Anda yang menggunakan Windows 10, kini Sistem Operasi tersebut telah menyediakan fasilitas Game bar, yang mana dapat digunakan untuk melakukan perekaman layar laptop.

Cara ini jelas tidak membutuhkan pemasangan aplikasi tambahan, pasalnya Game bar sudah tertanam dalam Windows 10 dan siap digunakan. Perlu diketahui, fitur ini akan lebih mudah Anda temukan pada laptop.

Adapun cara merekam layar laptop melalui Windows Game bar yakni:

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa Game Bar telah aktif. Adapun cara mengaktifkannya adalah dengan memilih Settings → Gaming → Game Bar.
  • Setelah itu, klik Record game clips, screenshots and broadcast using Game bar.
  • Sesudah Game Bar aktif, selanjutnya pencet tombol Windows + G guna membuka Game Bar.
  • Lalu tekan Win + Alt + R untuk mulai merekam layar atau Anda juga bisa klik Start Recording untuk memulai.
  • Setelah selesai melakukan rekaman, silahkan klik Stop Recording di bagian kanan atas untuk menghentikan proses perekaman layar.
  • Jika sudah, kemudian akan ada notifikasi yang muncul.
  • Klik notif tersebut dan Anda akan secara otomatis dibawa ke File Explorer dan membuka lokasi hasil rekaman.

Itulah cara merekam layar laptop tanpa aplikasi pihak ketiga untuk pengguna macOS dan Windows 10. Bagi Anda pengguna Windows 10 ke bawah, Anda dapat memanfaatkan aplikasi perekam layar seperti OBS Studio maupun ActivePresenter.

Meski harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu, namun cara merekam layar dengan aplikasi tambahan cenderung mudah.