Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar dan Menggunakan OVO Dengan Benar

Cara Menggunakan OVO – Saat ini untuk melakukan pembayaran pada transaksi jual beli semakin dimudahkan, karena kita bisa melakukan pembayang dengan menggunakan layanan dompet digital. Salah satau dompet digital yang saat ini populer digunakan yaitu OVO.

Ovo banyak digunakan karena saat ini banyak sekali tempat yang mengharuskan melakukan pembayaran menggunakan ovo. Selain itu ovo juga menjadi metode yang paling mudah digunakan untuk melakukan pembayaran saat transaksi online.

Meskipun Ovo sudah banyak digunakan, namun masih ada yang belum mengetahui tentang ovo serta cara menggunakannya. Untuk itupada artikel kali ini kami akan sedikit membahas mengenai cara menggunakan ovo.

Cara Menggunakan OVO

Apa Itu Ovo?

Ovo adalah sebuah aplikasi atau layanan yang bisa kalian gunakan untuk melakukan pembayaran saat bertransaksi, baik itu secara online maupun offline. Selain itu kalian juga dapat menyimpan dan juga dapat melakukan transfer saldo ke sesama pengguna ovo. Tidak hanya ke pengguna ovo yang lainnya, kalian juga dapat mengirim atau menerima saldo dari bank swasta maupun bank bumn.

Fitur Aplikasi Ovo

Sebagai salah satu aplikasi dompet digital yang terbaik saat ini, ada beberapa fitur umum dari ovo yang perlu kalian ketahui seperti yang berikut ini:

1. Ovo Poin

Setiap kali melakukan transaksi belanja pada merchant yang bekerjasama dengan ovo, maka kalian bisa mendapatkan ovo poin. Ketika  poin ovo telah terkumpul banyak, kalian dapat menukarkannya dengan hadiahmenarik atau bisa digunakan sebagai pembayaran sebuah transaksi.

2. Promo yang Memikat

Selain ovo poin, ovo juga sering memberikan promosi kepada para membernya ketika melakukan transaksi.

3. Kemudahan Saat Bertransaksi

Ovo telah memiliki banyak sekali kerja sama dengan berbagai merchant. Dengan demikian kalian akan mudah melakukan transaksi dengan menggunakan ovo, karena telah banyak toko yang menyediakan pembayaran via ovo.

4. Pembayaran Yang Lebih Cepat

Layanan dompet digital ovo dihadirkan untuk mempermudah penggunanya saat melakukan transaksi pembayaran. Maka dengan menggunakan ovo pembayaran akan menjadi lebih cepat.

Cara Download Serta Daftar Aplikasi Ovo

Sebagai aplikasi dompet digital yang populer saat ini, kalian wajib memiliki aplikasi ovo di ponsel kalian. Untuk itu ikuti langkah langkah berikut ini untuk download dan daftar ke ovo:

  1. Silahka buka Google Play Store atau App Store dari ponsel yang kalian gunakan.
  2. Setelah itu kalian ketik dan cari “OVO”.
  3. Jika sudah ketemu, langsung saja kalian pilih Unduh lalu install.
  4. Tunggu sampai aplikasi terunduh dan terpasang di ponsel kalian.
  5. Setelah itu silahkan buka aplikasi ovo yang telah kalian install.
  6. Pada halaman pertama akan ada pilihan Sign in dan juga Join Now.
  7. Karena kalian baru pertama kali menggunakan ovo, maka silahkan kalian pilih Join Now.
  8. Kemudian kalian isikan data pribadi kalian sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  9. Setelah itu OVO akan mengirimkan kode OTP melalui email atau sms ke nomor kalian.
  10. Masukan kode OTP ke aplikasi dengan benar.
  11. Tunggu proses verifikasi selesai maka ovo siap untuk digunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi Ovo

Setelah memiliki akun ovo, tentu tidak lucu jika tidak mengetahui cara menggunakannya kan? Untuk itu langsung saja simak penjelasan berikut ini mengenai cara menggunakan ovo.

1. Menggunakan Ovo dengan Kode QR

Kalian dapat melakukan pembayaran di berbagai merchant ovo. Cara untuk membayarnya pun cukup mudah, kalian bisa melakukannya dengan melakukan scan barcode.

Silahkan kalian buka aplikasi ovo. Pada halaman utama kalian pilih Scan, selanjutnya arahkan kamera hp kalian ke kode QR yang ada pada merchant ovo tersebut.

2. Melakukan Pembayaran ke Berbagai Layanan

Selain untuk berbelanja, kalian juga bisa menggunakan ovo untuk membayar PLN, TV kabel, pulsa atau paket data, asuransi, da masih banyak lagi. Kalian juga bisa membayar iuran lingkungan yang sudah bekerjasama dengan ovo.

Cara untuk membayarnya pun cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke aplikasi ovo dan pada halaman awal kalian bisa memilih layanan yang ingin kalian gunakan / bayar. Misalkan kalian ingin membayar tagihan listrik maka kalian pilih PLN > Tagihan Listrik > Masukan ID Pelanggan > Lanjut ke Pembayaran.

3. Transfer Antar Pengguna Ovo

Kalian dapat melakukan transfer saldo ke sesama pengguna ovo. Akan tetapi untuk menggunakan fitur tersebut kalian perlu upgrade akun ovo kalian ke ovo premier.

Untuk melakukan upgrade akun ovo caranya cukup mudah, kalian cukup upload identitas diri berupa KTP, kemudian kalian akan diberikan arahan oleh CS ovo.

Cara Top Up Saldo Ovo

Kalian dapat melakukan top up saldo ke akun ovo kalian. Banyak metode yang bisa kalian pilih untuk top up, mulai dari transfer bank, agent ovo, dan lain sebagainya. Jika kalian menggunakan metode transfer bank, maka ada saldo minimum untuk melakukan top up, yaitu mulai dari 10 ribu – 20 ribu.

Cara top up pun sangat mudah, misalkan menggunakan transfer bank, maka kalian harus transfer uang ke nomor telepon yang diunakan sebagai akun utama ovo.

Sebelum melakukan top up ada syarat dan ketentuan yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan nomor yang digunakan sesuai dengan nomor yang terdaftar sebagai akun ovo.
  • Saldo yang telah sukses ditambahkan tidak dapat dibatalkan.
  • Tidak ada biaya tambahan untuk melakukan top up saldo ovo.

Setelah mengetaui syarat dan ketentua untuk top up ovo, berikut ini adalah daftar layanan yang support untuk top up saldo:

  • Ovo Booth
  • ATM Prima
  • Nerchant Ovo
  • Bank BTN
  • Bank DBS
  • Bank Maybank
  • Bank BTPN
  • Bank BRI
  • Bank Permata
  • Bank CIMB Niaga
  • Bank BNI
  • Bank Mandiri
  • Bank BCA

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan ovo. Semoga tutorial yang kami bagikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua. Cukup sekian dari kami dan terima kasih.