Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal dan Niat Puasa Dzulhijjah 2024

Juntekno.com - Puasa Dzulhijjah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Anda bisa mulai melaksanakannya sejak 1 Dzulhijjah, yang tahun ini jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Puasa Dzulhijjah

Dzulhijjah adalah bulan yang istimewa dalam kalender Islam, terletak di antara Dzulqaidah dan Muharram. Menurut Ust. Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid dalam bukunya "Kalender Ibadah Sepanjang Tahun", Dzulhijjah termasuk salah satu bulan yang dimuliakan Allah, seperti disebutkan dalam Al-Qur'an surah At Taubah ayat 36,

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauhulmahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa."

Pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, umat Islam dapat meraih banyak keutamaan dengan mengerjakan amalan saleh. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya dari pada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah)." (HR Ahmad)

Dalam buku "Kunci-kunci Surga: Rahasia Dahsyat Amalan & Doa Calon Penghuni Surga" oleh Ahya A. Shobari, dijelaskan bahwa di bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah, seperti dzikir, istighfar, berdoa, bersedekah, bertakbir, dan tentunya puasa sunnah.

Jadwal Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah dimulai pada 1 Dzulhijjah dan berlangsung selama sembilan hari hingga 9 Dzulhijjah, yang diakhiri dengan puasa Arafah. Berikut jadwal puasa Dzulhijjah 1445 H yang bertepatan dengan Juni 2024:

  • 1 Dzulhijjah 1445 H: Sabtu, 8 Juni 2024
  • 2 Dzulhijjah 1445 H: Minggu, 9 Juni 2024
  • 3 Dzulhijjah 1445 H: Senin, 10 Juni 2024
  • 4 Dzulhijjah 1445 H: Selasa, 11 Juni 2024
  • 5 Dzulhijjah 1445 H: Rabu, 12 Juni 2024
  • 6 Dzulhijjah 1445 H: Kamis, 13 Juni 2024
  • 7 Dzulhijjah 1445 H: Jumat, 14 Juni 2024
  • 8 Dzulhijjah 1445 H (Puasa Tarwiyah): Sabtu, 15 Juni 2024
  • 9 Dzulhijjah 1445 H (Puasa Arafah): Minggu, 16 Juni 2024

Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah

Niat untuk melaksanakan puasa Dzulhijjah adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma syahri dzulhijjah sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah pada bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala."

Untuk puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah, niatnya adalah:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma ghadin 'an adā'i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta'ālā.

Artinya: "Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT."

Dan untuk puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah, niatnya sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah ta'ala."

Dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut, kita berharap mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT selama bulan Dzulhijjah.