Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Kinemaster Untuk Membuat Video

Cara Menggunakan Kinemaster – Ada banyak aplikasi di playstore tentang video editing salah satunya adalah Kinemaster. Kinemaster merupakan salah satu aplikasi edit video yang sering dibicarakan oleh anak muda saat ini karena bertujuan agar editing video semakin menarik.

Di era digital ini apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini semuanya dilakukan secara online seperti pembelajaran online, bimbingan belajar online, belanja online dan undangan online, dan lain sebagainya. Sebagian besar Kinemaster ini dulunya bersenang-senang dalam mengedit video. 

Cara Menggunakan Kinemaster

Namun ada pula yang digunakan sebagai media untuk keperluan bisnis atau menghasilkan sedikit uang melalui aplikasi ini, seperti dalam pembuatan video undangan pernikahan, hari jadi, ulang tahun, dan pembuatan video iklan.

Jika Anda tertarik untuk memahami lebih dalam tentang penggunaan aplikasi Kinemaster untuk kebutuhan bisnis Anda, langkah pertama adalah mendownload aplikasinya terlebih dahulu dengan cara:

  • Pertama aktifkan hp kalian, lalu cari aplikasi Playstore (aplikasi bawaan dari masing-masing hp)
  • Kemudian cari bagian pencarian teratas dan ketik Kinemaster
  • Setelah ketemu klik aplikasi Kinemaster kemudian klik download
  • Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai
  • Setelah proses download selesai, selanjutnya klik install
  • Aplikasi Kinemaster siap digunakan.

Bagaimana Cara Menggunakan Kinemaster dengan Baik dan Benar?

Apabila sudah menginstall aplikasi Kinemaster jangan lupa mendaftar bisa melalui email atau facebook. Aplikasi Kinemaster terbagi menjadi dua bagian yaitu berbayar dan tidak berbayar. Perbedaannya terlihat dari tanda air dan beberapa ikon yang berbeda. 

Kalau tidak berbayar, di pojok atas video hasil edit ada tulisan Kinemaster dan tidak bisa dihapus kecuali kita berlangganan atau membayar beberapa rupiah setiap bulannya. Tapi jangan khawatir, watermark bisa dihilangkan dengan berbagai cara dan bisa dicari di Google atau YouTube. 

Namun, jika Anda seorang pebisnis yang berkecimpung di dunia digital, lebih baik gunakan saja Kinemaster berbayar. Prosedur penggunaan Kinemaster adalah pertama-tama kita harus mengidentifikasi ikon-ikon yang ada di dalamnya. Berikut penjelasannya:

1. Ikon suara

Ikon suara ini berfungsi untuk merekam suara dalam video.

2. Ikon audio

Ikon audio ini berfungsi untuk memasukkan musik ke dalam video yang sedang kita edit agar hasilnya lebih menarik. Namun jangan lupa untuk mencocokkan tema video dengan musik yang akan disertakan.

3. Ikon lapisan

Ikon layer ini memiliki beberapa fungsi, yaitu untuk menambah teks pada video, menambah stiker, mengatur background video dan lain sebagainya.

4. Browser media

Browser media ini berfungsi untuk memilih folder video mana yang akan kita edit.

Itulah beberapa icon yang bisa anda gunakan dalam menggunakan Kinemaster. Aplikasi Kinemaster ini memiliki banyak manfaat terutama bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia online. 

Selain bisa digunakan atau diaplikasikan melalui perangkat ponsel, Kinemaster ini juga bisa diaplikasikan di laptop atau komputer. Keuntungan mengedit video menggunakan laptop adalah dapat menghasilkan video dengan resolusi tinggi dan lebih mudah untuk diedit. 

Namun kekurangannya adalah lebih rumit dan tidak selalu standby dalam mengedit. Beda saat mengedit video menggunakan ponsel, kelebihannya lebih efisien dan bisa digunakan kapanpun dan dimanapun untuk mengedit video. Kekurangannya adalah keterbatasan layar ponsel yang tidak sebesar laptop yang menyebabkan kesulitan dalam mengedit. 

Itulah beberapa pembahasan yang dapat dijelaskan mengenai cara yang dapat di lakukan untuk menggunakan Kinemaster dengan benar, semoga bermanfaat.