Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Scan Foto di HP Paling Mudah dengan Menggunakan Aplikasi

Mungkin Anda masih bingung dan belum tahu bagaimana cara scan foto di HP Android. Padahal sebenarnya scan menggunakan Android merupakan hal yang tidak sulit jika Anda tahu tips menggunakannya.

Meski demikian, sebagian orang justru juga tidak tahu mengenai hal seperti itu. Jika Anda adalah salah satunya, maka mengetahui caranya merupakan hal yang sangat wajib untuk Anda lakukan.

Cara Scan Foto di HP

Berikut Ini Beberapa Cara Scan foto di HP dengan Mudah

Ketika tidak memiliki sebuah scanner khusus berupa printer, maka solusi yang tepat untuk menggunakan dokumen adalah dengan scan di HP. Hal ini karena smartphone kini justru memiliki banyak manfaat yang bisa Anda rasakan.

Memang sebagian besar orang akan memindai dokumen seperti KK, KTP, ijazah, dan lainnya dengan alat scanner dan PC. Sementara itu untuk bisa menyimpannya yaitu dengan cara disimpan ke dalam eksternal memori maupun drive.

Bagi mereka termasuk Anda yang tidak memiliki peralatan tersebut, tentunya akan menjadi suatu masalah tersendiri. Namun untungnya saat ini ada alternatif terbaik yang mampu mengatasi semua itu.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh gambar dengan format PDF maupun JPEG. Sehingga cara melakukan scanning bisa Anda lakukan dengan mudah, murah, dan tentunya praktis.

1. Google Drive

Cara scan foto di HP yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Google Drive di HP Android Anda. Untuk menggunakannya, Anda tidak harus repot-repot mengunduhnya terlebih dahulu.

Pasalnya, Google Drive ini pastinya akan selalu tersedia di semua Android karena merupakan salah satu fitur bawaan HP. Sementara itu, hasil pemindaiannya juga dapat Anda simpan dengan format PDF maupun JPG.

Jadi, ketika Anda akan mengirimnya melalui email, maka jauh lebih mudah dan praktis. Sementara itu, jika perangkat Android Anda belum memiliki Google Drive, maka bisa menginstalnya dahulu di internet.

2. CamScanner

CamScanner adalah aplikasi scanner terbaik karena bisa untuk melakukan cara scan foto di HP dengan fitur lebih canggih. Ketika akan menggunakannya, perangkat Anda akan menjadi scanner portable yang lebih mudah untuk Anda bawa ke mana saja.

Selain itu, CamScanner juga mampu melakukan scan di berbagai macam jenis dokumen seperti foto atau gambar. Tentunya hasilnya akan sangat bagus apabila Anda menggunakan CamScanner yang versi PRO.

Dengan demikian, foto yang akan Anda scan menggunakan aplikasi tersebut dapat langsung Anda simpan ke dalam format yang Anda inginkan. Cara kerjanya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan kamera HP yang berkualitas.

3. Tiny Scanner

Cara scan foto di HP berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Tiny Scanner. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka mampu menjadikan perangkat HP Android untuk bisa menjadi alat pemindai dokumen portable.

Sebab, Tiny Scanner ini bisa untuk scan foto, dokumen, laporan, kwitansi, ijazah, KTP, serta masih banyak lagi menjadi JPG dan PDF. Lebih menariknya lagi, aplikasi tersebut mampu mengambil foto dokumen yang sudah tersimpan di dalam HP Android untuk discan.

4. Camera Scanner

Anda bisa mengunduh aplikasi Camera Scanner ini di Google Play Store dengan cara mudah. Ini merupakan sebuah aplikasi yang mampu untuk memindai foto karena memiliki lebih banyak fitur.

Cara scan foto di HP supaya hasilnya sangat maksimal, maka pastikan bahwa kamera ponsel Anda mendukung kualitas HD. Dengan begitu, hasil scan fotonya akan lebih bagus dan menarik.