Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar Online Pasport Terbaru Tahun 2021

Jika dulu daftar passport hanya bisa dilakukan di Kantor Imigrasi saja, sekarang kegiatan tersebut bisa lebih dipermudah dengan cara daftar online passport. Ya memang benar Anda dapat melakukan pendaftaran secara online yang tentunya lebih mudah, praktis, dan tidak membuang waktu percuma.

Meskipun yang perlu Anda tahu pendaftaran online pun mengharuskan pengurus tetap mendatangi kantor imigrasi untuk menyerahkan beberapa dokumen namun tetap saja lebih mudah cara online ini. Bagi Anda yang membutuhkan passport, berikut adalah cara-cara yang harus dilewati untuk masa pendaftarannya.

Cara Daftar Online Pasport

5 Cara Daftar Online Pasport Secara Mudah dan Cepat

1. Login ke portal atau aplikasi layanan passport online

Untuk melakukan cara daftar online passport langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan masuk atau login ke portal atau aplikasi layanan passport online. Aplikasi ini sudah tersedia di play store dan pastinya resmi karena masuk ke dalam pengawasan pihak imigrasi.

Buatlah akun baru menggunakan email dan juga nomor telepon yang masih aktif. Biasanya nomor ini akan digunakan untuk mengirim kode verifikasi, jadi pastikan Anda mengisikan dengan benar. Jika memang sudah pernah daftar dan memiliki akun Anda hanya perlu masuk saja memakai akun tersebut.

2. Memilih waktu dan kantor imigrasi

Langkah berikutnya untuk daftar passport secara online adalah memilih waktu serta kantor imigrasi. Setelah masuk ke dalam akun, biasanya Anda akan dibawa ke beberapa pilihan nama kantor imigrasi yang tersedia. Usahakan memilih kantor yang paling dekat dengan jangkauan Anda.

Meskipun tidak ada larangan atau aturan Anda harus memilih kantor imigrasi yang sesuai dengan alamat dalam KTP. Misalnya saja Anda tinggal di jawab timur, dan ingin membuat passport di Jakarta karene tengah berada di lingkungan sana. Anda tetap diperbolehkan jadi tidak ada larangan untuk ini.

Setelah Anda menentukan kantor imigrasi langkah berikutnya pada cara daftar online passport adalah memilih waktu dan tanggal kedatangan. Data ini adalah dimana Anda harus datang di waktu dan tanggal yang telah ditentukan untuk menyerahkan dokumen dan menjalani wawancara.

Informasi pentingnya adalah dalam pengurusan passport ada kuota yang dibatasi, jadi Anda harus pandai memilih tanggal karena bisa saja penuh. Kalau memang di kantor yang Anda pilih sudah penuh, maka dapat mencari kantor alternatif lainnya.

3. Menyimpan barcode antrean

Jika sudah sukses mendapatkan waktu pembuatan passport Anda akan memperoleh barcode antrean. Simpan barcode ini dan jangan sampai hilang. Anda bisa mencetak atau tangkap layar supaya file tersimpan dalam hanphone.

Nanti saat disana Anda akan diminta petugas menunjukkan barcode yang telah didapatkan dalam proses pendaftaran untuk memperoleh antrean. Jangan sampai telat datang pula.

4. Datang ke kantor imigrasi yang dipilih

Pada hari dan waktu yang sudah dipilih Anda harus datang ke kantor imigrasi dengan membawa semua dokumen yang dibutuhkan. Tunggulah di antrean sampai nomor Anda dipanggil dan petugas meminta untuk masuk ke ruang wawancara.

Di dalam akan ada proses wawancara dan juga pengambilan foto untuk paspor baru Anda. Sampai disini proses cara daftar online passport Anda selesai dan passport bisa diambil nanti setelah diselesaikan petugas.

Selesai sudah penjelasan mengenai cara daftar online passport yang akan membimbing Anda mulai dari langkah 1 sampai terakhir. Semoga dengan cara ini proses pembuatan akan lebih mudah dan kebutuhan passport terpenuhi.