Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melakukan Screenshot di Laptop dan PC

Cara Screenshot di Laptop ― Apakah kamu membutuhkan gambar sebagai bukti dengan harus melakukan screenshot di laptop atau PC? Biasanya screenshot di lakukan jika kita di suruh atau ada tugas dari kampus atau hal apa saja yang membutuhkan gambar dan harus melakukan screenshot.

Cara Screenshot di Laptop

Untuk melakukan cara screenshot di laptop atau PC bisa di lakukan dengan sangat mudah, bisa memakai tombol keyboard langsung, manggunakan fitur aplikasi, sehingga untuk menangkap layar kemudian simpan gambar tersebut dengan sangat praktis.

Mengambil gambar dengan melakukan screenshot yang bertujuan untuk bisa menyimpan layar dengan mudah, baik gambar layar keseluruhan, atau juga bisa untuk sebagian saja. Kemudian menyimpannya di laptop atau PC saja.

Misalnya kamu ingin mengenalkan perolehan dari game yang kamu mainkan di laptop atau PC, kepada teman kamu sehingga membutuhkan cara screenshot agar tampilan game kamu dapat tertangkap dan menjadi sebuah gambar. Cara screenshot juga sangat mudah dan bisa di lakukan oleh semua orang.

Kamu juga harus tahu, bahwa cara melakukan screenshot di laptop atau juga di PC sudah sangat banyak caranya yang bisa kamu lakukan. Jadi banyak cara yang bisa kamu gunakan dalam mempermudah untuk melakukan screenshot, pilih lah cara yang mudah dan gampang untuk di lakukan.

Cara Mengscreenshot Layar Laptop atau PC

1. Menekan Tombol Print Screen PrtScn ins

Cara yang pertama yang bisa kamu gunakan adalah menekan tombol keyboard atas yaitu PrtScn. Yang berfungsi untuk menangkap layar laptop dan PC, akan tetapi layar yang di tangkap tidak akan di simpan sebagai file yang ada di berkas, tapi justru menjadi atau akan di salin ke clipboard. Tekan Crtl + PrtScn kemudian buka MS Word kemudian kalik Ctrl + V.

2. Menekan Tombol Alt + PrtScn ins

langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk menangkap layar di laptop atau PC bisa menekan tombol keyword Alt + PrtScn. Cara ini juga hampir sama dengan cara yang pertama yaitu kamu harus menyalinya di aplikasi editor gambar.

3. Menekan Tombol Windows + PrtScn

Langkah ketiga dalam melakukan tangkap gambar pada layar adalah menekan tombol keyboard Alt + PrtScn ins. Hasilnya kamu bisa lihat dengan cara mencari folder yang ada di windows explorer.

4. Menakan Tombol Windows + Shift + S

Langkah keempat dalam melakukan tangkap layar pada laptop dan PC adalah dengan menekan tombol keyword windows + PrtScn ins. Cirinya layar laptop atau PC kamu akan meredup sebentar langkah selanjutnya kamu bisa gunakan seperti di langkah pertama. Cara ini bisa berguna di windows 10.

5. Menggunakan aplikasi Snipping Tools 

Langkah yang bisa kamu lakukan selanjutnya untuk bisa menangkap layar di laptop dan PC adalah menggunakan aplikasi Snipping Tools, aplikasi ini adalah aplikasi bawaan yang ada di windows 10. Maka dari itu sangat banyak manfaat sekali menggunakan aplikasi windows 10 banyak aplikasi bawaan yang sudah bagus.

Nah, itu tadi di atas adalah cara-cara screenshot di Laptop atau PC yang bisa kamu terapkan di laptop kamu, semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam memecahkan masalah kamu. Dan juga dapat membantu kamu yang memiliki masalah yaitu tidak tahu melakukan screenshot atau menangkap layar pada layar laptop atau layar PC kamu.