Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Kompres PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Cara Kompres PDF ― Perkembangan jaman dan teknologi semakin kesini semakin maju. Banyak alat elektronik atau teknologi yang sudah berbasis komputer yang cerdas, yang sudah terbukti dapat mengembangkan aplikasi canggih yang dapat membantu kebutuhan kamu bahkan manusia di seluruh dunia, seperti misalnya aplikasi kompres pdf sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

cara komprespdf

Contoh kecanggihan dari elektronik yang memiliki sistem komputer yakni, adanya ruang penyimpanan database. Kamu juga pasti memahami dengan kondisi seperti ini yaitu kondisi yang ada di alat elektronik bahwa sistem penyimpanan yang ada tidak memiliki ruang yang luas dan besar. Masalah tersebut kadang menjadi sebuah problem untuk semua orang, bahkan untuk semua orang di dunia yang membutuhkan ruang penyimpanan lainnya untuk bisa menyimpan data-data penting baik, data pekerjaan atau data kebutuhan sekolah.

Masalah ada pada bentuk file pdf, yang banyak mengatakan bahwa file pdf memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar, sehingga banyak orang yang menerima atau mengirim file pdf. Agar file pdf bisa lebih di perkecil ukurannya, banyak orang yang menggunakan alat kompres pdf sesuai dengan ukuran yang diinginkan pengguna.

Bukan hanya itu, banyak orang juga yang menggunakan aplikasi ini, untuk kebutuhan tersebut dengan ketentuan masing-masing. Contohnya saat kamu mengirim lamaran pekerjaan atau untuk mendaftar CPNS pasti ada ketentuan ukuran file yang harus di siapkan, dan kamu bisa menggunakan aplikasi kompres pdf tersebut.

Tujuan dari melakukan kompres file pdf tersebut, yaitu untuk memperkecil ukuran data file yang telah kamu buat. Dalam hal ini adalah untuk file pdf yang lebih besar ke lebih kecil.

1. Menggunakan Small PDF

Cara kompres pdf sesuai ukuran yang diinginkan juga bisa di lakukan dengan aplikasi ini. Seperti nama aplikasi ini yang berfungsi untuk memperkecil ukuran file pdf.

Bukan hanya itu aplikasi ini juga adalah aplikasi yang berbasis web jadi kamu tidak peril menginastall aplikasi ini, kamu hanya perlu mencarinya di Google, yang sudah sangat banyak sekali yang mengembangkan.

2. Software Microsoft Word

Pasti kamu juga sudah tahu tentang aplikasi Microsoft Word, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk bisa melakukan proses kompres pada file pdf kamu agar bisa memiliki ukuran yang kecil. Berikut caranya.

  • Buka aplikasi Microsoft Word, pilih memnu file, cari file pdf yang akan di kecilkan ukurannya.
  • Ubah ke dokumen Microsoft Word
  • Simpan file yang telah diganti ke bentuk dokumen
  • Cara kompersnya adalah pilih opsi optimize untuk minimum ukuran (minimum size).

3. Aplikasi Acrobat XI Pro

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kompres file pdf agar lebih kecil ukuran file pdf tersebut, yaitu dengan cara mencari aplikasi Acrobat XI Pro di Google, selanjutnya kamu bisa memilih file pdf dan harus save as. Kemudian save as lagi di save as other, selanjutnya pilih opsi reduce size, kemudian secara otomatis file pdf akan berubah ukurannya menjadi lebih kecil.

Nah, mungkin itu saja yang dapat saya berikan dalam pembahasan cara kompres pdf sesuai ukuran yang diinginkan. Dan akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga kita bisa mendapatkan ilmu dari artikel yang saya tuliskan.