Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan, Ini Solusinya!

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan – Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Hampir setiap harinya selalu menggunakan internet, dan bahkan bisa dipastikan ketika kehilangan koneksi internet, semuanya akan terasa hampa.

Untuk dapat menggunakan internet tentunya kita harus berlangganan paket internet terlebih dahulu. Biaya berlangganan tentunya variatif, tergantung dari provider masing masing. Dengan demikian kita bisa terhubung dengan internet.

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Dengan berlangganan atau membeli paket internet, tentunya kita berharap bisa terhubung dengan internet. Tapi, kalian pernah gak sih mengalami masalah ketika data seluler aktif tapi tidak bisa mengakses internet? Kondisi demikian itu sering dialami oleh para pengguna smartphone.

Nah, jika kalian sedang mengalami hal tersebut, kali ini kami akan membagikan solusi cara mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan. Kalian bisa mencobanya sendiri di rumah, karena caranya cukup mudah. Langsung saja, check this out!!!

Solusi Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Ketika tidak bisa internetan memanglah sangat menyebalkan, terlebih lagi jika data seluler aktif namun tidak bisa internetan. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini adalah cara mengatasi data seluler aktif tapi tidak bisa internetan:

1. Cek Kuota Internet

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Data seluler kalian aktif namun gak bisa internetan? Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu cek sisa kuota internet kalian, apakah masih ada atau sudah habis. Jika kuota internet habis, sudah dipastikan kalian gak bisa mengakses internet meskipun ikon data seluler muncul di toolbar. Misalkan kuota kalian habis, segera isi kembali supaya bisa kembali internetan.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat / Airplane

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Jika kalian telah mengecek kuota internet dan ternyata kalian masih memiliki kuota, langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan jika masih belum bisa internetan yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat untuk sementara waktu. Kalian bisa mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa saat, kemudian matikan kembali. Hal ini dimaksudkan supaya jaringan internet kalian ter-refresh dan mencari koneksi yang jauh lebih baik.

3. Hidupkan Ulang / Reboot Handphone

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Melakukan reboot android merupakan salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan koneksi internet. Namun sebelum melakukan reboot, kalian harus mengaktifkan mode pesawat terlebih dahulu.

Silahkan kalian aktifkan mode pesawat / airplane mode, kemudian kalian restart hp kalian. Setelah hp menyala, kalian nonaktifkan mode pesawat tersebut. selain itu, cara ini juga biasa dilakukan untuk mengatasi masalah koneksi internet lemot.

4. Setting APN

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Solusi untuk mengatasi masalah jaringan internet error di android dan ios yang selanjutnya yaitu dengan cara setting ulang APN operator yang kita gunakan. Koneksi internet akan berubah ketika pengaturan APN ini dirubah.

Jadi, ketika kalian mengalami masalah pada koneksi internet, kalian bisa mengecek lagi setingan APN pada Hp kalian. FYI, setiap masing masing provider entah itu 3 (Tri), Axis, Telkomsel, dan yang lainnya memiliki setingan APN yang berbeda. 

5. Memilih Jaringan Dengan Cara Manual

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Selanjutnya jika masih belum bisa internetan meski data aktif, kalian bisa mencoba untuk memilih jaringan secara manual. Jika saat ini kalian menggunakan jaringan 4G LTE only, kamu bisa pilih atau ganti sementara waktu ke jaringan 2G atau 3G. Kalian tunggu sebentar, kemudian kembalikan lagi ke jaringan awal (4G LTE).

Cara ini cukup sederhana, tapi sudah banyak yang berhasil mengatasi masalah data seluler aktif tapi tidak bisa internetan. Maka tidak ada salahnya jika kalian mencoba cara yang satu ini.

6. Melepas Sementara Kartu SIM

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Untuk mengatasi masalah tidak bisa internetan walau data sudah aktif, cobalah untuk melepaskan kartu SIM untuk sementara waktu. Setelah kartu terlepas, tunggu beberapa saat kemudian masukkan kembali.

Trik yang satu ini sering dilakukan oleh para pengguna Android maupun iOS untuk mengatasi masalah terkait jaringan internet yang tidak bisa terhubung.

7. Menghubungi Call Center

Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan

Berbagai cara sudah kalian lakukan namun masih belum berhasil mengatasi masalah internet tidak bisa terhubung? Solusi terakhir yaitu dengan menghubungi call center provider yang kalian gunakan.

Cobalah kalian jelaskan permasalahan jaringan yang kalian alami. Namun sebelum itu kalian harus memiliki pulsa yang cukup. Karena biasanya untuk melakukan panggilan ke call center menggunakan tarif standar.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara mengatasi masalah Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan. Kalian bisa mencoba beberapa trik yang kami bagikan di atas, karena cara tersebut sangat mudah kalian lakukan sendiri di rumah.

Cukup sekian dari kami, baca juga informasi menarik lainnya seputar teknologi hanya di Juntekno. Terima kasih.