Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan PPT di Aplikasi Zoom Dengan Mudah

Zoom Meeting - Apabila Kalian sedang mencari informasi seputar cara menampilkan ppt di zoom lewat hp atau info tentang cara menampilkan ppt di aplikasi zoom di laptop, maka Kalian sudah mendapatkan artikel yang tepat, karena didalam artikel ini akan dibahas mengenai cara menampilkan PPT di aplikasi Zoom secara gamblang, jadi silahkan simak tulisan ini sampai selesai.

cara menampilkan ppt di aplikasi zoom

Namun sebelum ke pembahasan ini, kita akan lihat sekilas dahulu mengenai aplikasi Zoom. Akan tetapi jika Kalian terburu-buru, Kalian bisa langsung menuju ke pembahasan utama artikel ini, dengan cara langsung pergi ke sub judul cara menampilkan PPT pada aplikasi Zoom Meeting.

Sekilas Mengenai Aplikasi Zoom 

Bagi yang belum tahu, zoom meeting mulanya adalah aplikasi yang dibuat bukan untuk bisnis sebagaimana saat ini digunakan, namun untuk menghubungkan 2 orang yang saling berjauhan, hanya itu, dan dibuat custom oleh Eric Yuan.

Eric Yuan, selain sebagai creator Zoom Meeting, ia juga merupakan CEO Zoom saat ini.

Kesuksesan Zoom saat ini adalah buah dari kegagalan masa lalu.

Setelah Eric Yuan berhasil menciptakan Zoom, ia kemudian bekerja di sebuah perusahaan multinasional besar, yang saat ini kita kenal dengan Cisco Webex.

Seiring berjalannya waktu, Eric Yuan mencoba untuk memberikan penemuannya tentang Zoom pada Cisco Webex, agar Cisco Webex mau mengembangkan Zoom.

Namun sayangnya, ide tersebut ditolak oleh Cisco Webex. Dari situ kemudian Eric Yuan keluar dari Cisco Webex, dan kemudian mendirikan perusahaan yang akan mengembangkan Zoom, dimana sekarang kita kenal dengan nama Zoom Meeting.

Saat ini Zoom digunakan oleh banyak orang didunia, dan paling populer, sehingga menempatkan Eric Yuan sebagai salah satu orang yang paling kaya di dunia.

Ya, itu cerita singkat tentang Zoom, semoga ini bisa menambah wawasan Kalian. Setelah ini kita akan bahas tentang bagaimana menampilkan PPT pada aplikasi Zoom. Check this out!!!

Cara Menampilkan PPT di Zoom Pada Laptop Maupun HP

Jika pertemuan secara langsung, kemudian kita kebagian tugas presentasi, tentu mudah saja, tinggal colok laptop ke viewer atau layar, kemudian langsung melakukan presentasi. Namun hal ini cukup berbeda jika harus menggunakan Zoom Metting, agar tidak bingung saat presentasi PPT atau power point, silahkan simak tutorial menampilkan PPT di Zoom berikut ini:

  1. Pertama silahkan buka dahulu file Power Point/PPT yang ingin dipresentasikan;
  2. Jika sudah dibuka, selanjutnya silahkan kalian bergabung dengan Zoom Meting yang sedang berlangsung;
  3. Kemudian silahkan menuju meeting control, lalu kemudian klik share screen;
  4. Setelah itu silahkan klik jendela power point yang akan Kalian presentasikan nanti;
  5. Setelah di klik, silahkan lanjut untuk klik bagikan;
  6. Ketika layar power point sudah di-share, selanjutnya Kalian bisa melakukan presentasi dari awal dengan full screen atau tidak, jika iya silahkan pilih menu "slide show", kemudian klik "from begining";
  7. Apabila step by stepnya Kalian ikuti dengan benar, maka peserta rapat bisa melihat persentasi Kalian dengan sempurna, namun apabila gagal, silahkan lanjutkan baca tutorial dibawah;
  8. Jika gagal silahkan klik "display setting", setelah itu kemudian klik "Swap Presenter View and Slide Show View", setelah itu maka tampilan akan dibalik;
  9. Selain dengan mengubah view dengan cara "Swap Presenter View and Slide Show View", maka Kalian juga bisa klik "new share", lalu pilih jendela PPT yang akan Kalian persentasikan nantinya.

Sampai poin 9 ini, panduan menampilkan PPT saat meeting Zoom ini sudah selesai, selamat mencobanya ya.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting 

Tadi diatas kita sudah jelaskan mengenai sejarah singkat aplikasi Zoom. Kemudian kita juga sudah bahas tentang cara menampilkan PPT pada Zoom. Sekarang kita akan bahas tentang kelebihan yang bisa kita dapatkan apabila menggunakan aplikasi Zoom.

Baik, berikut adalah daftar kelebihan atau keuntungan yang bisa didapatkan ketika meeting online menggunakan Zoom:

  1. Ketika melakuakn teleconference menggunakan Zoom Meeting, maka tidak perlu khawatir dengan kualitas video, karena Zoom sudah mengadaptasi kualitas HD untuk video yang ditampilkan ketika video conference;
  2. Dengan meeting menggunakan Zoom, maka peserta meeting bisa mengoperasikan sebuah catatan secara bersama-sama, salah satu contohnya adalah bisa ngedit sebuah artikel secara bersama-sama;
  3. Zoom meeting sudah mengadaptasi end-to-end encryption, maka tidak perlu khawatir lagi tentang keamanan data, bahkan provider pun tidak tahu apa yang sedang dibicarakan dalam meeting, bahkan Zoom juga menyediakan password jika Kalian bermaksud untuk lebih mengamankan meeting;
  4. Zoom juga sudah bisa digunakan untuk merekam video conference yang sedang berlangsung, dimana nanti ketika selesai meeting, maka video tersebut dapat diputar kembali. Jadi untuk merekam video kita tak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam video;
  5. Zoom juga sudah dilengkapi dengan fitur penjadwalan, artinya undangan meeting bisa saja dibuat kemudian di publish, lalu tinggal menunggu pada hari H dimana meeting akan dilangsungkan;
  6. Dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, entah itu lewat HP, Laptop, PC maupun tablet, Kalian bisa ngobrol dengan semua peserta, atau melakukan obrolan tim, yang itu literly sama ketika Kalian sedang melakukan pertemuan offline.

Nah itu tadi, setidaknya minimal ada 6 kelebihan aplikasi Zoom dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya, Zoom telah bergerak demikian pesat.

Dalam pengalaman kami ketika menggunakan aplikasi Zoom, rasanya sangat memuaskan menggunakan aplikasi ini, sama sekali tidak mengecewakan.

Penutup  

Demikian artikel ini, semoga setelah membaca tulisan tentang cara menampilkan PPT di aplikasi Zoom ini, Kalian bisa mendapatkan manfaat dan tentu saja sudah bisa melakukan presentasi power point menggunakan aplikasi Zoom. Sekian, terimakasih sudah membaca sampai akhir dan salam sukses!