Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Pivot Table di Exel Dengan Mudah

Cara Membuat Pivot Table – Jika kalian bekerja sebagai seorang admin di sebuah perusahaan, tentu kalian tidak asing dengan yang namanya pivot table. Seorang administrasi staff tentunya setiap harinya akan berhadapan dengan yang namanya pivottable.

Cara Membuat Pivot Table di Exel, Pivot Table

Berbeda cerita jika kalian seorang fresh graduate yang melamar pada posisi admin, terlebih lagi jika tidak memiliki bassic seorang admin tentunya kalian akan sedikit kebingungan dengan yang namanya pivot table. Jika kalian sedang ingin belajar pivot table excel, maka kami akan mencoba untuk menjelaskannya di sini.

Apa Itu Pivot Table?

PivotTable merupakan sebuah fitur yang terdapat pada Microssoft Excel. Dengan fitur tersebut kita bisa mengambil data dalam jumlah besar secara cepat dan tepat. Atau lebih mudahnya kita bisa membuat sebuah rangkuman data untuk dilaporkan. Jadi dengan menggunakan pivot table ini kita bisa lebih menghemat waktu ketika merangkum, menganalisa dan melaporkan sebuah data.

Manfaat Pivot Table

Jika pekerjaan kita selalu berkaitan dengan data, terutama data penjualan maupun pembelian maka tidak akan lepas dari yang namanya pivot table yang merupakan salah satu fitur dari microssoft excel. Fitur dari Ms. Excel yang satu ini sering digunakan karena beberapa manfaatnya yang kami rangkum sebagai berikut:

  • Mampu menyajikan data dengan berbagai tampilan berdasarkan sumber data yang sama.
  • Bisa memindahkan field ke lokasi yang berbeda.
  • Bisa menentukan kolom atau field mana saja yang hendak ditampilkan pada penyajian laporan data.
  • Mampu melakukan kalkulasi data dengan berbagai cara seperti Sum, Count, Averege, dan lain sebagainya.
  • Memfilterisasi data apa saja yang hendak ditampilkan.
  • Membuat pivot chart berdasarkan data dari pivot tabke.

Persiapan Sebelum Membuat Pivot Table

Sebelum membuat pivot table pada excel, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat pivot table pada microssoft excel:

  • Sebelum membuat pivottable kalian harus memastikan bahwa tidak ada baris maupun kolom yang kosong pada range data yang akan dijadikan sebagai sumber data pivottable.
  • Pada masing masing kolom data sumber harus memiliki nama yang unik (unique header name). Selain itu juga harus diusahakan jangan sampai header name ini terlalu panjang, buatlah sesingkat mungkin asalkan mewakili jenis data pada setiap barisnya.
  • Pada sumber data, hindari menggunakan marge cell pada header table-nya.
  • Pada setiap kolom, tipe datanya harus sama. Misalkan jangan mencampurkan tipe teks dengan tanggal pada kolom yang sama.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan format table pada data sumber. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam membuat PivotTable dan juga ketika akan mengupdate data tersebut.

Selain hal hal yang disampaikan di atas, kita juga perlu merencanakan atau membayangkan seperti apa nantinya data akan ditampilkan ketika kita membuat PivotTable Excel. Pada umumnya tidak semua kolom data ditampilkan pada laporan pivot table, dan tentunya ini sesuai kebutuhan kita masing masing.

Latihan Membuat Pivot Table di Excel

Setelah mengetahui apa itu PivotTable dan apa saja yang harus disiapkan sebelum membuatnya, kini saatnya kalian latihan atau mencoba membuat pivot table. Namun sebelum itu kalian harus  download file latihan pivot table di sini.

Setelah kalian berhasil mengunduhnya, langsung saja praktekkan sesuai dengan langkah langkah di bawah ini. Pada contoh membuat pivot table di sini kami menggunakan Microssoft Office versi 2013, jika kalian menggunakan versi terbaru atau bahkan yang lebih lama, mungkin tidak akan jauh berbeda.

Untuk itu langsung saja berikut ini adalah langkah langkah membuat pivot table pada excel:

  • Kalian buka file yang telah kalian download sebelumnya, maka hasilnya akan seperti berikut ini:
Cara Membuat Pivot Table di Exel
  • Klik pada salah satu sel data tersebut, kemudian pilih Tab Insert, lalu klik PivotTable.
Cara Membuat Pivot Table di Exel
  • Setelah itu akan muncul jendela dialog Create PivotTable. Pada bagian “Choose the data that you want to analyze” kalian pilih “Select a table or range” atau secara default pada kolom “Table/Range” akan bertuliskan “TableSumber”, seperti gambar di bawah ini:
Cara Membuat Pivot Table di Exel
  • Kemudian pada bagian “choose where you want the pivot table report to be placed”, kalian pilih “New Worksheet”. Kemudian klik OK. Maka tampilannya akan seperti berikut ini: 
Cara Membuat Pivot Table di Exel

Keterangan Pada PivotTable Field

Filters: Pada area ini bisa kita isi dengan field yang akan dijadikan sebagai acuan filter untuk menyaring data pada pivotable yang kita buat.

Columns: Pada area ini berisikan field yang disusun secara mendatar atau horizontal yang biasanya dianggap sebagai header dari data yang akan ditampilkan.

Rows: Pada area ini berisikan field yang ditampilkan secara vertikal atau menurun secara berurutan.

Value: Pada bagian value ini berisikan field yang menentukan data mana saja yang ingin ditampilkan di area tabel pivot. Pada bagian ini biasanya berupa angka.

  • Setelah muncul tampilan seperti gambar di atas, selanjutnya kita isi PivotTable Field sesuai dengan kebutuhan summary yang ingin kita sajikan.
  • Pada latihan kali ini kita menempatkan field Barang dan Bulan ke bagian Row, lalu field Jumlah dan Total ke bagian Values dengan cara Drag and Drop. Maka secara otomatis pada bagian Columns akan muncul field Values.
Cara Membuat Pivot Table di Exel
  • Jika kalian sudah mengikuti langkah langkahnya sesuai dengan yang kami arahkan, maka pivot table berhasil dibuat dan tampilannya seperti berikut ini:

Cara Membuat Pivot Table di Exel

Itulah langkah langkah untuk membuat pivottable pada excel secara sederhana. Dengan mengikuti tutorial tersebut kalian sudah bisa melakukan basic dari pivot table. Selanjutnya kalian bisa mengembangkannya sesuai dengan kasusnya masing masing.

Cukup sekian pembahasan tentang Cara Membuat PivotTable di Excel kali ini. tetap nantikan informasi dan trik trik menarik lainnya hanya di juntekno.com. Terima kasih.