Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prakerja Gelombang 10 Resmi Dibuka, Simak Tips Agar Lolos Seleksi

Prakerja gelombang 10 telah dibuka sejak hari Kamis lalu pada tanggal 24 September 2020. Pendaftaran ini kemungkinan akan menjadi yang terakhir. Pada gelombang ini pemerintah hanya akan mengalokasikan bantuan kepada 200 ribuan peserta.

Prakerja Gelombang 10

Sebab, target kuota penerima kartu prakerja sekitar 5,6 juta peserta sudah hampir terpenuhi. Apabila anda belum terdaftar, maka bisa langsung mengunjungi laman resmi www.prakerja.go.id.

Agar bisa mendapatkan atau lolos kartu prakerja tentunya ada persyaratan yang harus anda penuhi. Sebab dari semua pendaftar prakerja tidak semuanya mendapatkan kesempatan atau lolos. Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda memperhatikan syaratnya terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Agar Lolos Prakerja Gelombang 10?

Syarat wajib agar bisa mendaftar kartu prakerja adalah Warga Negara Indonesia. Usia minimal ketika mendaftar program pemerintah ini adalah 18 tahun. Selain itu, orang tersebut tidak sedang menjalani pendidikan.

Untuk mendaftar kartu prakerja ini, maka anda perlu memiliki akun terlebih dahulu. Sehingga anda diwajibkan untuk membuat akun prakerja. Sebelumnya anda perlu mempersiapkan perangkat elektronik seperti smartphone atau perangkat PC seperti laptop. Setelah itu, simak cara berikut ini.

1. Daftar Akun Prakerja Terlebih Dahulu

Anda perlu masuk ke situs www.prakerja.go.id terlebih dahulu. Setelah itu, klik daftar sekarang dan nantinya anda akan diminta untuk mengisikan data pribadi lengkap.

Isikan data anda dengan lengkap berupa email dan passwordya. Gunakan email dan password yang mudah untuk diunduh. Setelah itu, akan ada konfirmasi masuk dar email yang telah anda daftarkan.

Setelah itu, anda bisa membuka email dan klik konfirmasi. Kemudian masuk kembali ke laman prakerja dan melanjutkan pendaftaran prakerja gelombang 10.

2. Pendaftaran dan Tes Kompetensi

Setelah login, anda harus mengisi verifikasi KTP dan data diri. Kemudian unggah foto KTP sesuai dengan ketentuan dan masukkan nomor telepon. Lalu akan ada kode OTP yang terkirim ke smartphone anda.

Isikan kode OTP anda kemudian ikuti tes kompetensi. Kurang lebih ada 18 soal dengan waktu sekitar 25 menit. Setelah itu, anda bisa klik gabung dan tunggu hingga terdapat SMS bahwa anda lolos prakerja gelombang 10.

3. Mengikuti Pelatihan Kerja

Setelah itu, apabila lolos, maka anda bisa mengikuti pelatihan prakerja. Pelatihan ini harus dilakukan oleh para peserta. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan dari para peserta.

Apabila tidak mengikuti pelatihan, maka insentif kartu prakerja tidak akan cair. Hal ini tentunya menjadi masalah bagi para peserta. Pastikan anda terdaftar kartu prakerja dengan ketentuan diatas.

Sebagai tambahan, aparatur negara, PNS, pegawai lainnya, anggota kepolisian, dan sejenisnya tidak boleh mendaftar kartu prakerja. Sebab, kalangan tersebut memiliki karakteristik tersendiri.

Pemerintah memberikan insentif sebesar Rp 3.550.000 dan digunakan untuk rincian tertentu. Besaran biaya tersebut telah terbagi dengan rincian dari pemerintah, yakni biaya 1 juta untuk keperluan biaya pelatihan.

Kemudian biaya Rp 150.000 untuk keperluan biaya survey. Lalu sisa sebesar Rp 2.400.000 akan diberikan kepada pemegang kartu prakerja selama 4 bulan.

Kendala Tidak Bisa Lolos Prakerja Gelombang 10

Saat ini gelombang prakerja sudah masuk pada fase kesepuluh. Tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan sejak gelombang awal hingga saat ini. Sudah pasti ada beberapa kendala dari pendaftaran kartu prakerja.

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah melakukan verifikasi pada akun email. Biasanya hal ini sering diabaikan dan justru menjadi kendala. Selanjutnya adalah melakukan verifikasi data diri dengan benar.

Sehingga isikan data diri dengan benar mulai dari NIK dan nomor KK. Pastikan data yang anda masukkan sudah sesuai. Kemudian ikuti ketentuan yang berlaku misalnya mengupload foto KTP secara portrait dan jelas.

Hal kedua yang membuat prakerja gelombang 10 tidak lolos adalah tidak sesuai dengan ketentuan. Terkadang data yang anda isikan tidak sesuai dengan kenyataan. Pemerintah pastinya memiliki data sendiri yang dapat mengecek kebenarannya.

Kemudian kesalahan data pada KK dan KTP. Terkadang terdapat warga yang memiliki data berbeda. Entah itu pada tanggal lahir atau bahkan nama.

Selain mengunjungi laman online, anda juga bisa mendaftarkan prakerja gelombang 10 dengan cara offline. Caranya adalah dengan datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja masing-masing. Anda bisa mengisi formulir yang telah tersedia kemudian melengkapi berbagai persyaratannya.

Post a Comment for "Prakerja Gelombang 10 Resmi Dibuka, Simak Tips Agar Lolos Seleksi"