Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Scanner Android Terbaik, Mudah dan Cepat

Aplikasi scanner Android merupakan solusi terbaik untuk berkas penting anda. Scanner merupakan kegiatan yang dapat kita lakukan untuk memindai dokumen, kemudian mengubah file menjadi bentuk PDF.

Tentu saja, hal ini sangat penting untuk para mahasiswa maupun pekerja kantoran lainnya. Sudah menjadi rahasia umum, mesin scanner biasanya berukuran besar.

Pastinya juga kurang fleksibel untuk kita gunakan kapanpun ketika membutuhkannya. Apalagi mesin ini hanya berada pada tempat-tempat tertentu saja.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini anda sudah bisa memanfaatkan aplikasi scanner. Aplikasi ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan pemindaian dokumen dengan cepat dan mudah.

Aplikasi Scanner Android Terbaik

Berikut Ini Deretan Aplikasi Scanner Android

Saat ini terdapat banyak aplikasi scan HP yang dapat anda unduh dan pasang. Akan tetapi, tidak semuanya mampu memberikan hasil yang baik.

Selain itu, terkadang juga tidak memberikan hasil yang serupa antara aplikasi satu dengan lainnya. Seluruh aplikasi scanner mempunyai algoritma tersendiri yang akan membuat hasil scan menjadi lebih tajam.

Hasil dokumen PDF maupun yang lainnya juga memiliki tingkatan kualitas berbeda-beda. Untuk itulah, berikut ini kami rekomendasikan beberapa aplikasi scanner Android yang bisa anda gunakan.

Baca juga: Aplikasi Scanner iPhone

4 Aplikasi Pemindai Untuk Smartphone

CamScanner

Berbicara mengenai aplikasi mobile sanner, pastinya anda sudah cukup familiar dengan aplikasi yang satu ini, yaitu Cam Scanner. CamScanner pertama kali meluncur pada 30 Oktober 2010.

Berhasil mendapatkan lebih dari 100 juta unduhan pada Google Playstore. Sehingga, CamScanner sendiri telah mengklaim aplikasi buatannya ini telah terunduh lebih dari 360 juta gadget pada 200 negara di seluruh dunia.

Hasil yang sangat fantastis bukan? Dengan menggunakan CamScanner ini, anda dapat melakukan scan dokumen secara mudah dan cepat.

Pengguna hanya cukup menggunakan kamera smartphone untuk melakukan scanning pada seluruh jenis dokumen. Berkas yang sudah melewati proses scan, dapat tersimpan dalam format PDF maupun JPEG.

Bila ingin mengakses fitur yang lebih, anda bisa melakukan pembayaran dan upgrade ke versi premium. Penggunaan aplikasi scanner Android CamScanner ini pun menjadi semakin maksimal.

Adobe Scan

Aplikasi lainnya yang bisa anda gunakan yaitu Adobe Scan. Adobe Scan merupakan salah satu aplikasi pemindai dokumen cukup baru saat ini.

Pada aplikasi scan PDF ini, anda bisa menandai seluruh data penting, seperti halnya memindai dokumen maupun kwitansi. Dengan menggunakan Adobe Scan, anda akan jauh lebih mudah untuk membaca hasil dari dokumen penting tersebut.

Anda juga dapat melakukan pengiriman dokumen via email ataupun back up menggunakan Cloud. Menariknya lagi, Adobe Scan ini juga mampu memindah berbagai macam dokumen.

Meskipun demikian, aplikasi scanner Android ini cukup berat dan tools yang tersedia kurang ramah. Terutama bagi mereka yang tidak terlalu akrab dan tidak terbiasa menggunakan Adobe.

Microsoft Office Lens

Aplikasi scanner berikutnya yaitu Microsoft Office Lens. Untuk mendapatkannya sangat mudah, anda hanya perlu mengunduh aplikasi Microsoft Office Lens ini.

Dengan menggunakan Microsoft Office Lens, anda dapat mengonversikan gambar menjadi file PDF, PowerPoint, dan juga Word. Lebih baiknya lagi, anda dapat menyimpan hasil scan tersebut ke OneNote atau OneDrive.

Microsoft sendiri sengaja mengintegrasikan fitur-fitur tersebut untuk membuat pengguna merasa lebih nyaman. Selain itu, teks yang sudah anda pindah akan terdeteksi secara otomatis dengan teknologi OCR.

Dengan begitu, anda dapat mencari kata dalam gambar, kemudian menyalin atau mengeditnya. Tidak heran, bila aplikasi scanner Android ini mendapatkan penghargaan sebagai Best Apps of 2015 oleh Google Play pada area Amerika Serikat dan Puerto Rico.

Easy Scanner

Aplikasi scanner yang bisa anda gunakan berikutnya yaitu Easy Scanner Camera to PDF. Easy Scanner mempunyai ukuran sekitar 25 MB dan telah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna Android.

Aplikasi yang satu ini mempunyai fungsi untuk memindai dokumen ke dalam bentuk PDF dan juga JPG. Pastinya dengan hasil yang lebih jelas dan juga tajam.

Aplikasi scanner Android ini juga memiliki ukuran yang ringan. Akan tetapi, tidak mengurangi kualitas dari hasil scannya. Sayangnya, aplikasi Easy Scanner ini sering hang bila terlalu banyak memindai dokumen, sehingga anda harus memperhatikan jumlah dokumennya.