Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hp Cepat Panas: Begini Cara Mengatasi Hp Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Hp Cepat Panas - Handphone atau yang biasa kita sebut dengan hp adalah sebuah alat komunikasi yang bisa dibawa kemana mana sehingga memudahkan kita untuk menerima maupun memberi kabar dari dan kepada orang lain. Awal kemunculan gadget yang satu ini memang hanyalah sebagai alat untuk berkomunikasi jarak jauh, namun seiring berjalannya waktu para produsen hp terus mengembangkannya sehingga hp bisa digunakan untuk berbagai hal, dan kemudian kita kenal dengan smartphone.

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas, hp cepat panas

Dengan smartphone dan dukungan internet kita bisa melakukan berbagai hal dengan menggunakan smartphone / handphone. Kita bisa melakukan panggilan dan menerima telepon, chatting, video call, bermain sosial media, berselancar internet, bekerja, sampai bermain game, semuanya bisa kita lakukan dengan smartphone. 

Kecanggihan smartphone di masa sekarang ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Tapi pernah gak sih handphone / smartphone kalian mudah panas ketika digunakan? Atau bahkan sedang tidak digunakan pun tiba tiba handphone terasa panas? Jika demikian, pada postingan kali ini kami coba untuk membagikan solusi untuk mengatasi handphone yang cepat panas.

Penyebab Smartphone Mudah Panas

Kenapa smartphone cepat panas? Banyak faktor yang menyebabkan smartphone cepat panas, mulai dari cara pemakaian bahkan sampai faktor cuaca pun bisa menjadi penyebabnya. Berikut adalah penyebab handphone cepat panas.

1. Terlalu Lama Bermain Game

Bermain game idealnya adalah sekitar 1 – 2 jam, tidak dianjurkan bermain game lebih dari itu. Jika dipaksakan memainkan game lebih dari itu dan sering melakukannya maka hal tersebut akan menyebabkan hp kita cepat panas, terlebih lagi jika memainkan game yang membuat GPU smartphone bekerja lebih ekstra, maka handphone/smartphone kita akan overheat.

2. Terlalu Lama Dalam Menggunakan Aplikasi Streaming

Selain memainkan game, menonton streaming pun bisa mengakibatkan smartphone kita mudah panas, apalagi jika terlalu lama dalam menggunakannya.

3. Jaringan/Sinyal yang Kurang Bagus

Jaringan yang kurang bagus juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab panasnya hp kita. Saat sinyal atau jaringan kurang bagus, smartphone akan terus bekerja mencari sinyal maka smartphone kita akan mudah atau cepat panas.

4. Pengaturan Kurang Optimal

Pengaturan yang kurang optimal seperti pengaturan kecerahan terlalu tinggi, memasang live wallpaper, dan lain sebagainya maka akan membuat handphone cepat panas.

5. Kualitas Baterai

Usia baterai juga menyebabkan hp cepat panas, kasus ini biasa terjadi pada handphone tipe tipe lama yang menggunakan baterai karena saat ini handphone menggunakan sistem baterai tanam dengan kualitas yang sangat bagus.

6. Menjalankan Beberapa Aplikasi secara Bersamaan

Menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan pun bisa mengakibatkan hp cepat panas, untuk itu segera tutup aplikasi yang tidak terpakai.

7. Faktor lingkungan

Selain beberapa faktor teknis di atas, faktor non teknis pun bisa berpengaruh terhadap suhu smartphone kita. Contohnya saat hp kita terkena cahaya matahari secara langsung, maka hp kita akan mudah panas.

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas

Memiliki handphone yang cepat panas memang menyebalkan, kegiatan kita dalam menggunakan handphone akan terganggu karena panas yang ditimbulkannya. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya maka berikut adalh cara bagaimana mengatasi handphone atau smartphone yang cepat panas.
  1. Batasi waktu untuk memainkan game maupun menonton streaming
  2. Hindari multi tasking
  3. Matikan bluetooth dan GPS jika sudah tidak digunakan
  4. Hapus file chace
  5. Matikan fitur wifi saat tidak digunakan
  6. Gunakan provider yang memiliki jaringan bagus
  7. Instal aplikasi pendingin
  8. Hindari terkena cahaya matahari secara langsung
  9. Gunakan charger original
  10. Periksa kondisi baterai
Itulah beberapa penyebab hp panas dan bagaimana cara mengatasinya. Selalu rawat hp kalian supaya bisa tahan lama. Cukup sekian dan terima kasih.