Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Hp Android Sering Lag Saat Bermain Game

Cara Mengatasi Hp Sering Lag - Sekarang ini banyak sekali orang yang tergila gila dengan sebuah game, apalagi semenjak viralnya sebuah game moba android yang membuat orang lupa dengan waktu ketika memainkannya. Tanpa disadari mereka telah menghabiskan waktu berjam jam untuk memainkan game tersebut.

Cara Mengatasi Hp Android Sering Lag Saat Bermain Game

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bermain game sangatlah menyenangkan, apalagi jika kita selalu menang ketika memainkannya. Namun ada kondisi di mana membuat kita kesal saat bermain game, yaitu ketika game yang kita mainkan pada platform android sering Lag. 

Ketika sedang seru serunya bermain ternyata tiba tiba game nge-lag atau berhenti di tengah permainan, atau bahkan game yang kita mainkan tiba tiba relaoad dengan sendirinya, itu sangatlah menyebalkan. Tahukah kalian kenapa hal itu bisa terjadi? Ya, salah satunya karena hp android yang kalian gunakan. Untuk itu kami akan sedikit membahas mengenai cara mengatasi Hp android yang sering lag saat bermain game.

Cara Mengatasi Hp Lag Saat Bermain Game

Ketika hp kalian lag atau lemot saat memainkan sebuah game, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Seperti apakah caranya? Berikut penjelasannya.

1. Menbersihkan File Cache

File chahe adalah file yang memang dibuat untuk menyimpan data sementara di hp, file cache juga bisa berguna untuk mempercepat loading saat mentransfer data pada sebuah aplikasi. Namun terkadang file chahe terlalu besar dan tidak berjalan dengan semestinya, sehingga menghambat performa hp kita. Untuk itu kita perlu menghapus cache android kita, dan berikut adalah cara menghapus file cache:
  • Pertama kalian buka menu Settings / Setelan
  • Selanjutnya buka menu Aplikasi Terinstal
  • Kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus file cache-nya
  • Lalu buka Hapus Data dan pilih Hapus Cache

2. Menggunakan Aplikasi Cleaner / Pembersih

Aplikasi cleaner atau aplikasi pembersih bisa digunakan untuk menghapus file cache secara otomatis. Jadi kalian tidak perlu menghapus file tersebut secara manual. Kalian hanya perlu menginstalnya dan menjalankan aplikasi tersebut, maka file cache dan juga file sampah akan terhapus secara otomatis, dan hp pun akan terasa semakin ringan saat digunakan.

3. Update Game

Sebuah developer game akan terus memperbarui dan mengembangkan game yang mereka luncurkan. Mereka akan melakukan update secara berkala guna menghilangkan bug dan meningkatkan kualitas game mereka. untuk itu kita juga perlu mengikuti update tersebut, karena bisa jadi pada versi terbaru ada beberapa pengurangan dan juga penambahan fitur baru  yang tidak support pada versi lamanya, membuat game kita menjadi lemot saat dimainkan.

4. Hindari Multitasking

Tanpa kita sadari bahwa kita sering sekali melakukan multiasking pada hp kita, semisal kita sedang membuka aplikasi instagram kemudian kita langsung membuka whatssapp. Tanpa menutupnya kita langsung menekan tombol home kemudian membuka aplikasi game. Tentu ini akan membuat hp lag saat bermain game.

Hindari hal yang demikian supaya game tidak lemot. Apalagi jika kalian menggunakan hpyang memiliki RAM dengan ukuran kecil, maka sudah bisa dipastikan hp kalain akan lag atau game menjadi lemot saat dimainkan.

5. Restart Game

Cara lain untuk mengatasi hp lemot saat main game adalah dengan merestart game, atau kalian menutup game kalian untuk beberapa saat sampai kondisi hp kalian tidak terlalu panas. Jika kondisi hp dirasa sudah normal, kalian bisa kembali memainkan game kesayangan kalian.

6. Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Terkadang kita suka penasaran dengan aplikasi yang direkomendasikan oleh google play store sehingga menginstalnya, namun sebenarnya aplikasi tersebut belum benar benar kita butuhkan. Utuk itu hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk menambah performa hp kita.

7. Hapus File Besar Atau yang Tidak Penting

File yang terlalu besar akan banyak memakan ruang penyimpanan hp kita dan mengakibatkan kurang optimalnya kinerja hp. Untuk itu hapus file besar yang tidak penting untuk meningkatkan kinerja hp.

8. Jaringan Internet yang Bagus

Jaringan pun menjadi salah satu penyebab hp lag saat bermain game. Untuk itu gunakan jaringan atau koneksi internet yang kuat dan stabil saat bermain game online supaya game yang dimainkan tidak lemot.

9. Matikan Layanan Latar Belakang

Layanan latar belakan juga mempengaruhi kecepatan hp kita, untuk itu kalian bisa mematikan setelan layanan latar belakag seperti pada instagram, facebook, whatsapp dan sebagainya.

10. Melakukan Update Sistem

Yang terakhir adalah kalian harus selalu mengupdate sistem hp kalian ke versi yang terbaru. Karena sistem terbaru akan memberikan kualitas yang lebik baik dari versi sebelumnya, maka ini akan berpengaruh terhadap kecepatan hp yang kalian gunakan.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp lag saat bermain game. Kalian bisa menerapkan beberapa cara di atas untuk mengatasi masalah yang kalian alami. Namun jika cara cara di atas belum bisa membantu, langkah yang paling pamungkas adalah kalian mengupgrade hp kalian ke hp tipe terbaru yang memiliki ram lebih besar. Cukup sekian dari kami, dan terima kasih.